Rumah > Berita > Konten
Kunyit Vs Curcumin: Apa Perbedaannya?
Sep 21, 2018

turmeric_v_curcumin_640.jpg

Anda mungkin pernah mendengar banyak hal belakangan ini tentang manfaat kunyit dan kurkumin karena baru-baru ini, penelitian yang dipublikasikan sangat tinggi menyoroti sifat sehat mereka. Dan Anda mungkin telah memperhatikan bahwa dalam beberapa kasus keduanya digunakan secara bergantian, menggembar-gemborkan banyak manfaat serupa, yang bisa sedikit membingungkan. Jadi, apa bedanya? Dan mana yang lebih baik untuk dikonsumsi sebagai suplemen, kurkumin atau kunyit?


Keduanya sering disebutkan bersama karena kurkumin berasal dari kunyit. Kunyit telah digunakan sebagai herbal selama ribuan tahun, dan penggunaannya selama bertahun-tahun didokumentasikan dengan baik untuk meningkatkan kesehatan. Jadi, para peneliti alami ingin mengetahui apa yang membuat kunyit begitu baik untuk Anda. Mereka belajar bahwa salah satu komponen kunyit yang meningkatkan kesehatan terbesar adalah kurkumin. Tapi apakah itu berarti kurkumin selalu lebih baik? Belum tentu. Ini tidak sesederhana itu!

 

Apa Perbedaan Antara Curcumin dan Kunyit?

Kunyit adalah tanaman yang secara ilmiah dikenal sebagai curcuma longa . Ini adalah akar, atau "rimpang" dari tanaman ini yang digunakan dalam bubuk rempah-rempah kuliner dan tonik herbal. Curcumin adalah senyawa alami di dalam akar tanaman kunyit. Ini adalah pigmen karotenoid yang memiliki aktivitas antioksidan yang kuat dan memberikan warna kunir kuning kunir. Ada dua senyawa lain dalam kunyit yang terkait - demethoxycurcumin dan bisdemethoxycurcumin. Secara kolektif, mereka semua dikenal sebagai kurkuminoid.

 

Anda mungkin akrab dengan beberapa karotenoid lain, seperti lutein dan zeaxanthin untuk kesehatan penglihatan, dan beta-karoten, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A - semuanya meminjamkan pigmentasi warna pada makanan yang mengandung mereka. Pada tumbuhan, karotenoid membantu mereka menyerap cahaya untuk digunakan sebagai energi untuk fotosintesis dan berfungsi sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel tanaman. Mungkin tampak sedikit aneh pada awalnya untuk mempertimbangkan bahwa pigmen baik untuk kita, tetapi tubuh kita kompleks dan menggunakan bahan alami dengan cara yang mungkin tidak pernah kita bayangkan! Sejumlah penelitian telah mengindikasikan bahwa kurkumin mungkin dapat mempengaruhi beberapa molekul sinyal sel, yang merupakan penjelasan kompleks mengapa penelitian berulang menunjukkan curcumin memiliki efek beragam dan positif seperti itu pada kesehatan kita.

 

Mana Yang Lebih Baik Mengambil Kunyit atau Kurkumin?

Jadi, jika curcumin berasal dari kunyit, apa yang Anda ambil? Apakah yang lebih baik dari yang lain? Ada argumen untuk kedua belah pihak. Banyak ahli setuju bahwa kita harus mendapatkan sebagian besar nutrisi kita dalam cara yang dimaksudkan alam, dari makanan utuh, karena nutrisi lain dalam makanan kita juga dapat berperan dalam bagaimana tubuh kita memprosesnya dan manfaat yang kita terima dari mengonsumsinya. Ini juga mengapa Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus makan kebanyakan buah tanpa mengupas kulitnya karena kulit buah mengandung nutrisi juga.

 

Turmeric Roots and Turmeric Extract

Akar kunyit mengandung sejumlah zat di luar kurkumin. Bumbu kunyit yang mungkin Anda miliki di dapur Anda dibuat dengan mengeringkan dan menggerinda seluruh akar kunyit menjadi bubuk. Ekstrak kunyit sedikit berbeda. Ini dibuat dengan memotong akar kunyit dan membiarkannya dalam pelarut yang dapat dimakan selama beberapa minggu sebelum mengejan, dan hasilnya adalah obat mujarab kuat. Akar kunyit juga digunakan dalam teh kesehatan.

 

Ekstrak Curcumin

Ekstraksi kurkumin sedikit lebih rumit. Kurkumin hanya membentuk sekitar 3% dari berat akar kunyit4 dan itu diekstrak dengan metode ilmiah yang dikenal sebagai kromatografi, yang memisahkan masing-masing kurkuminoid dan memungkinkan kurkumin untuk diisolasi.

 

Jumlah kurkumin adalah yang terendah dalam bubuk akar kunyit, sekitar 3%, lebih tinggi dalam ekstrak kunyit, yang dapat mengandung curcumin hingga 95%, dan kemudian ada 100% kurkumin yang diekstrak dari kunyit. Para peneliti mengatakan bahwa kurkumin yang diekstraksi memiliki lebih banyak aktivitas antioksidan jika dibandingkan dengan bubuk kunyit, tetapi kurkuminoid lain dalam kunyit (demethoxycurcumin dan bisdemethoxycurcumin) juga menunjukkan aktivitas antioksidan. bioavailabilitas kurkumin di dalamnya, tetapi keduanya diserap terbaik ketika dikonsumsi dengan lemak tambahan.

 

Itu mungkin merupakan keuntungan potensial untuk menggunakan kunyit tanah sebagai bumbu kuliner karena Anda mungkin akan lebih mungkin menggabungkannya dengan lemak atau minyak dalam makanan. Latte kunyit bahkan menjadi populer, yang sangat bagus karena lemak alami dalam susu. Tetapi Anda akan sering menemukan suplemen yang menggabungkan kurkumin dengan asam lemak esensial yang sehat, seperti minyak krill dan suplemen kurkumin.

 

Curcumin dan Turmeric Absorpsi

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam curcumin vs percakapan kunyit adalah absorpsi. Kurkumin atau kunyit tidak diserap dengan baik tanpa sedikit bantuan dari lemak atau minyak. Akar kunyit mengandung beberapa minyak alami yang dapat meningkatkan

 

Lada hitam juga dapat membantu dengan bioavailabilitas kunyit karena senyawa dalam lada hitam yang dikenal sebagai piperine, yang dapat menjaga senyawa kunyit agar tidak rusak selama proses pencernaan dan memungkinkan senyawa untuk tinggal di dalam tubuh lebih lama.

 

Bentuk Kunyit Terbaik untuk Dibawa

Saat memilih suplemen apa saja, selalu cari pilihan dengan bahan yang dipanen secara etis dan murni, tanpa bahan tersembunyi di balik campuran eksklusif. Jika tujuan Anda adalah mengonsumsi akar kunyit tanpa menambahkannya ke makanan Anda, suplemen kunyit premium yang sangat terkonsentrasi mungkin yang terbaik untuk Anda. Jika Anda mencari kunyit tambahan dengan kandungan kurkumin paling banyak, Anda bisa memilih ekstrak kunyit. Dan jika perut Anda sensitif terhadap kunyit standar, ekstrak kunyit yang difermentasi mungkin lebih mudah di perut Anda, dan ini menyediakan beberapa tambahan dukungan pencernaan.

 

Curcumin terbaik untuk dikonsumsi

Suplemen kurkumin terbaik mempromosikan penyerapan superior baik karena bagaimana suplemen kurkumin dibuat, atau dengan menggabungkan kurkumin dengan suplemen lain yang membuatnya lebih mudah bagi tubuh Anda untuk menyerap, seperti minyak krill dan kurkumin atau kurkumin & minyak kelapa suplemen.

 

Curcumin atau Kunyit

Baik kurkumin dan kunyit memiliki kelebihannya. Bubuk kunyit dan suplemen menawarkan pendekatan whole-food, mempertahankan lebih banyak nutrisi roo sebagai alam yang dimaksudkan. Suplemen kurkumin memberikan bentuk terisolasi dari senyawa antioksidan paling aktif yang ditemukan dalam kunyit, dan jika Anda menginginkan bentuk curcumin yang paling kuat dan paling tersedia secara hayati.

 

Apakah Anda mengonsumsi suplemen kurkumin atau kunyit? Formulir mana yang paling cocok untuk Anda?

 

Tidak masalah pilihan Anda, selama Anda memilih suplemen berkualitas tinggi dari sumber terpercaya, baik kunyit dan kurkumin memiliki banyak manfaat potensial yang ditawarkan.